Senin, 24 Januari 2011

Kitab kitab Dalam Madzhab Syafii

Keterangnan :
  1. Kitab-kitab Imam Syafi'i Rhl. "Al Imla' " dan "Al-Hujjah" adalah kitab-kitab qaul qadim yang tidak dipakai lagi, karena semua isinya sudah termasuk dalam kitab-kitab Qaul Jadid.
  2. Kitab-kitab Imam Syafi'I yang dipakai sebagai kitab induk adalah kitab-kitab Umm, Mukhtasar, Buwaithi dll.
  3. Imamul Haromain mengikhtisarkan (memendekkan) kitab-kitab Imam Syafi'I dengan kitabnya yang bernama " An Nihayah ".
  4. Imam Ghazali memendekkan juga kitab-kitab Imam Syafi'I dengan kitab-kitabnya yang bernama Al Basit,  Al Wasit, dan Al Wajiz.
  5. Imam Ghazali juga mengikhtisarkan lagi dengan kitabnya yang bernama Al Khulasah.
  6. Imam Rafi'I mensyarah kitab Imam Ghazali Al Wajiz dengan kitabnya yang bernama Al Aziz.
  7. Dan Imam Rafi'i  juga memendekkan kitab Imam Ghazali Al Khulasah dengan kitabnya yang bernama Muharrar.
  8. Imam Nawawi memendekkan dan menambah disana-sini kitab Al Muharrar itu dengan kitabnya bernama Minhajut Thalibin (Minhaj).
  9. Kitab Imam Nawawi, Minhaj disyarahkan oleh Imam ibnu Hajar al Haitami dengan kitabnya Tuhfah, oleh Imam Ramli dengan Kitabnya An Nihayah, oleh Imam Zakaria Al Ansari dengan kitabnya yang bernama Minhaj juga, oleh Imam Khatib Syarbaini dengan Mughni al Muhtaj. (Kitab-kitab tersebut dalam nomor 8 – 9 ini banyak beredar di pesantren-pesantren Indonesia)
  10. Dan Imam Rafi'i pernah mensyarahkan kitab karangannya Imam Ghazali Al Wajiz dengan kitabnya yang bernama Al 'Aziz.
  11. Imam Nawawi pernah memendekkan kitab Imam Rofi'i dengan kitabnya yang bernama Ar Raudhah.
  12. Imam Quzwaini pernah memendekkan kitab Al Aziz dengan kitabnya yang bernama Al Hawi.
  13. Kitab Al Hawi pernah  diikhtisarkan oleh Ibnu Muqri dengan kitabnya yang bernama Al Irsyad dan Al Irsyad ini disyarahkan oleh Ibnu Hajar  al Haitami dengan kitabnya yang bernama Al Imdad. 
  14. Kitab Imam Nawawi bernama Ar Raudah pernah diikhtisarkan oleh Imam Ibnu Muqri dengan nama Ar Raudh dan Imam Mazjad dengan Al Ubab.
  15. Kitab Ibnu Muqri Al Irsyad pernah disyarahkan oleh Imam Ibnu Hajar dengan Kitabnya yang bernama Al Imdad dan dengan kitabnya bernama Fathul Jawad.
  16. Kitab Ar Raudh dari Ibnu Muqri pernah disyarah oleh Imam Zakaria al Ansari dengan nama Asnal Mathalib.
  17. Imam Zakaria Al Ansari pernah mensyarah kitabnya yang bernama Al Minhaj dengan kitabnya yang bernama Fathul Wahab.
Demikianlah keterangan ringkas dari ranji kitab-kitab dalam madzhab Syafi'I yang sangat teratur rapi, yang merupakan suatu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain.
Kitab-kitab ini ada dan banyak tersiar di Indonesia dan ada juga yang tidak sampai ke Indonesia tetapi dengan membaca sebagian dari kitab-kitab ini kita sudah dapat memahami seluruh fatwa fiqih dalam madzhab Syafi'i, karena sebagaimana kami katakan di atas semuanya merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.
Kemudian banyak kitab-kitab fiqih Syafi'i yang dikarang oleh ulama Mutaakhirin yang tidak tersebut dalam ranji ini karena terlalu banyak, seperti kitab-kitab Al Mahalli karangan Imam Jalaludin Al Mahalli, kitab Fathul Mu’in karangan Al Malibari, kitab I'anathut Thalibin karangan Sayid Abu Bakar Syatha dan lain-lain yang banyak sekali.
Dengan perantaraan kitab-kitab ini kita sudah dapat memahami dan mengamalkan fatwa fiqih dalam Madzhab Syafi'i secara teratur dan secara rapi terperinci, yang kesimpulannya kita sudah dapat mengamalkan syari'at dan ibadah Islam dengan sebaik-baiknya.
Dinukil dari Kitab : SEJARAH DAN KEAGUNGAN MADZHAB SYAFI’I Karangan KH Sirodjuddin ‘Abbas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar